Dzikir Untuk Pejuang Keluarga di Masa Pandemi

Bismillah, numpang sharing.. smg bermanfaat ๐Ÿ™
Berikut beberapa bekal bagi para Pencari Nafkah atau Pejuang Keluarga di tengah Pandemi

1. Membaca zikir/doโ€™a keluar rumah

ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุชูŽูˆูŽูƒูŽู‘ู„ู’ุชู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู„ุงูŽ ุญูŽูˆู’ู„ูŽ ูˆูŽู„ุงูŽ ู‚ููˆูŽู‘ุฉูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุจูุงู„ู„ู‡

BISMILLAAHI TAWAKKALTU โ€˜ALALLAAH LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLA BILLAAH

Artinya: โ€œDengan nama Allah (aku keluar), aku bertawakkal kepada-Nya, tidak ada daya dan kekuatan kecuali karena pertolongan Allah.โ€

Nabi SAW bersabda, โ€œBarangsiapa membaca zikir ini saat keluar rumah, maka dia akan diberikan petunjuk, dicukupi kebutuhannya, dan akan dilindungi (dari bahaya apapun).โ€ (HR. Abu Dawud)

2. Membaca doa, ketika singgah di suatu tempat

ุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽู„ูู…ูŽุงุชู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุงู„ุชูŽู‘ุงู…ูŽู‘ุงุชู ู…ูู†ู’ ุดูŽุฑูู‘ ู…ูŽุง ุฎูŽู„ูŽู‚ู’

A-โ€™UUDZU BIKALIMAATILLAAHIT TAAM-MAATI MIN SYARRI MAA KHOLAQ

Artinya: โ€œAku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari keburukan mahluk.โ€

Nabi SAW bersabda: โ€œBarangsiapa yang singgah di suatu tempat, dan dia baca zikir ini, maka tidak ada sesuatu pun yang bisa membahayakannya, sampai dia meninggalkan tempat itu.โ€ (HR. Muslim)

3. Membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas setiap pagi dan petang sebanyak 3 kali – bagian dari amalan GNH

Nabi SAW bersabda : โ€œBacalah Al-Ikhlas dan Al-Muโ€™awwidzatain (Al-Falaq & An-Nas), saat pagi dan sore, sebanyak 3 kali, itu akan melindungimu dari segala sesuatu.โ€ (HR. Abu Dawud)

4. Membaca zikir saat melihat orang terkena musibah

ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ูŽู‘ู‡ู ุงู„ูŽู‘ุฐููŠ ุนูŽุงููŽุงู†ููŠ ู…ูู…ูŽู‘ุง ุงุจู’ุชูŽู„ูŽุงูƒูŽ ุจูู‡ู ูˆูŽููŽุถูŽู‘ู„ูŽู†ููŠ ุนูŽู„ูŽู‰ ูƒูŽุซููŠุฑู ู…ูู…ูŽู‘ู†ู’ ุฎูŽู„ูŽู‚ูŽ ุชูŽูู’ุถููŠู„ู‹ุง

ALHAMDULILLAAHIL-LADZII โ€˜AAFAANII MIMMAB TALAAKููููููA BIHI WA FADH-DHOLANII โ€˜ALAA KATSIIRIN MIMMAN KHOLAQO TAFDHIILAA

Artinya : โ€œSegala puji bagi Allah yang telah menghindarkanku dari musibah yang menimpamu, serta memberikan kelebihan kepadaku atas sekian banyak ciptaan-Nya.โ€

Nabi SAW bersabda, โ€œBarangsiapa melihat orang yang terkena musibah, kemudian membaca zikir ini, maka dia akan diselamatkan dari musibah itu.โ€ (HR. At-Tirmidzi)

5. Bersedekah semampunya walaupun hanya sedikit
Nabi SAW bersabda, โ€œBahwa sedekah bisa menolak kematian yang buruk.โ€ (HR. At-Tirmidzi).
Jangan khawatir hart akita berkurang, justru dengan sedekah itu Allah akan menjadikan rezeki dan hartamu semakin lapang.

6. Melakukan upaya kauni yang bisa menyelamatkan diri dari musibah
Melakukan ikhtiar/usaha lahir (sebab kauni) yang bisa menjaga dan menyelamatkan diri dari balaโ€™ dan musibah. Sebagaimana arahan ahli kesehatan ketika wabah Covid-19 ini, yaitu : _Memakai masker, cuci tangan, menjaga jarak fisik, makan yang bergizi, istirahat yang cukup, berjemur di bawah sinar matahari pagi, dan lain-lain.

7. Bertawakkal kepada Allah
Bertawakkal kepada Allah setelah melakukan semua ikhtiar di atas. Serahkan semuanya kepada Allah. Allah-lah sebaik-baik penjaga dan penyelamat kita. Allah-lah yang paling menyayangi para hamba-Nya yang patuh dan taat kepada-Nya.

Firman Allah SWT yg artinya: โ€œBertawakkallah kalian hanya kepada Allah, jika kalian benar beriman.โ€ (QS. Al-Maโ€™idah: 23)

Semoga Allah menjaga dan menyelamatkan kita semua, dari balaโ€™ dan musibah yang ada. Aamiin..๐Ÿคฒ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *