Gli, Si Kucing Penunggu Masjid Hagia Shopia Turki, Meninggal

Masih ingat Gli? Ya dia adalah kucing penghuni Masjid Hagia Sophia di Istanbul, Turki, yang beberapa waktu lalu terkenal. Tapi sekarang Gli tidak lagi terlihat di sekitar masjid.

Mengapa demikian? Gli diberitakan meninggal. kucing ini telah berusia di 16 tahun. kucing yang terkenal di dunia untuk menjadi bagian dari sejarah masjid ikonik dirawat di sebuah klinik hewan sebelum ia meninggal.

“Kucing Hagia Sophia, Gli, yang dirawat di sebuah klinik swasta (distrik Levent, Istanbul) sejak 24 September, sayangnya meninggal karena usia tuanya. Kami tidak akan pernah melupakan Anda, GLi,” kata Walikota Metropolis Turki, Ali Yerlikaya seperti kutipan dari Republika, Senin (09/11/2020).

Seperti diketahui pada awal tahun ini, Hagia Sophia diubah kembali menjadi masjid stelah sebelumnya adalah sebuah museum. Namun, Gli tidak terpengaruh oleh keriuhan tersebut.

Bangunan bersejarah tersebut adalah rumahnya. Selama beberapa tahun terakhir, Hagia Sophia telah menjadi rumah bagi Gli.

Hagia Shopia kembali difungsikan sebagai masjid setelah 86 tahun. Sholat pertama yang dilakukan pertama kali stelah kembali menjadi masjid adalah shalat Jumat pada 24 Juli 2020 lalu.

Secara historis, Hagia Sophia berfungsi sebagai gereja 916 tahun lamanya sampai penaklukan Istanbul. Stelah itu, gedung ini diubah menjadi masjid dan yang terakhir 1453-1934 (hampir 500 tahun). Namun, pada masa pemerintahan Republik Turki diubah menjadi museum selama 86 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *