HAKIKAT IMAN

https://aimihijrah.blogspot.com – Sekedar mengaku beriman tidaklah berat, yang berat adalah membuktikan keimanan tersebut. Kedangkalan pemahaman tentang hakikat iman sering kali membuat seseorang salah dalam membuktikan keimanannya, bahkan diantara mereka justru melakukan hal-hal yang bertentangan dengan tuntunan keimanan itu sendiri, padahal iman memiliki 2 sisi yang tidak bisa dipisahkan; sisi lahir dan sisi bathin dan setiap kita dituntut untuk menegakan keduanya, siapa saja yang hanya menegakan salah satu sisi tersebut berarti keimanannya belum utuh, malahan tidak bermanfaat. 


HAKIKAT IMAN

Iman mempunyai 2 sisi : Sisi Lahiriyah dan Sisi Bathiniyah, Sisi Lahiriyah iman adalah ucapan lisan dan perbuatan anggota badan, sedangkan Sisi Bathiniyah iman ialah pembenaran hati kepatuhan dan kecintaannya.

Sisi Lahiriyah iman tidak akan bermanfaat tanpa Sisi Bathiniyahnya, meskipun dengan adanya Sisi Lahiriyah ini darah seseorang dapat terpelihara, serta harta dan keluarganya terlindungi, begitu juga Sisi Bathiniyah iman, ia pun tidak cukup tanpa Sisi Lahiriyahnya, kecuali jika Sisi Lahiriyah ini tidak dapat dilaksanakannya karna ketidak mampuannya, atau karna sebab paksaan untuk tidak melakukannya, atau sebab takut binasa jika melakukannya.

Maka dari itu, meninggalkan ibadah lahiriyah tanpa adanya alasan syarโ€™i menunjukan rusaknya bathin dan kehampaan pelakunya dari iman, berkurangnya amal lahiriyah tersebut menunjukan berkurangnya iman, sebaliknya kuatnya perbuatan lahiriyah itu menunjukan kuatnya iman seseorang.

Jadi iman adalah esensi islam dan substansinya, maka atas dasar inilah setiap pengetahuan dan perbuatan yang tidak memperkokoh keimanan dan keyakinan berarti terdapat kesalahan/kekeliruan didalam pengetahuan dan perbuatan tersebut.

Dan setiap keimanan yang tidak mendorong untuk melakukan amal perbuatan menunjukan ada yang tidak beres dalam keimanan tersebut.[1]



[1] Ibnu Qoyyim Aljauzi, Kitab Fawaidul Fawaid, Pustaka Imam Syafiโ€™i, Cet Ke 2, Hal 411

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.