KISAH “ABU RIGHAL” YANG AZABNYA DITUNDA

77 / 100

KISAH “ABU RIGHAL” YANG AZABNYA DITUNDA

Imam Ahmad rahimahullah meriwayatkan dalam Musnad-nya, dari sahabat Jabir radhiallahu ‘anhu ia berkata, ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melewati Hijr, beliau bersabda, “Janganlah kalian meminta datangnya ayat-ayat (mukjizat), sebagaimana kaum Shalih telah memintanya, maka ia (unta) datang dari jalan ini dan pergi dari jalan ini.

Lalu mereka melanggar perkara Rabb mereka dan menyembelihnya. Unta itu minum air mereka satu hari dan mereka minum air susunya satu hari, lalu mereka menyembelihnya. Maka, mereka (kaum Tsamud) ditimpa oleh suara keras yang membinasakan semua yang ada di kolong langit dari mereka, kecuali satu orang yang berada di Haram.” Mereka bertanya, “Siapa dia, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Dia adalah Abu Righal. Ketika dia keluar dari Haram, dia pun tertimpa seperti yang menimpa kaumnya.”

Kisah ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad rahimahullah dalam Musnad-nya, 3/296. Dan Ibnu Katsir rahimahullah, setelah menyebutkan kisah tersebut beliau mengatakan, “Hadits ini di atas syarat Imam Muslim, namun hadits tidak tertulis di salah satu dari enam kitab (Kutubus Sittah).” (al-Bidayah wan Nihayah, 1/137)

Sumber: Qashashul Anbiya, Ibn Kathir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *