Kisah Wafatnya Nabi Adam Versi Ibnu Katsir

KISAH WAFATNYA NABI ADAM

Ubay bin Ka’ab berkata, sesungguhnya ketika Adam dijemput ajal, dia berkata kepada anaknya, “wahai anakku, sesungguhnya aku menginginkan buah dari surga,” kemudian anak-anak Adampun berangkat untuk mencarinya dan mereka bertemu dengan para malaikat yang sedang memegang kain kafan. Para malaikat bertanya, “wahai anak Adam, apa yang kalian inginkan dan kalian cari?”, mereka menjawab, “ayah kami sakit dan dia menginginkan buah surga.” Maka para malaikat berkata, “kembalilah kalian, umur ayah kalian sudah habis.” Kemudian mereka pun kembali kepada Adam. Ketika Hawa melihat mereka, ia pun mengetahui maksud kedatangan mereka lalu Adam berkata kepada Hawa, “biarkanlah aku, sesungguhnya aku diciptakan sebelummu, jangan halangi aku dengan para malaikat Tuhanku.” Kemudian para malaikat mencabut nyawa Adam, memandikannya, mengkafaninya dan menggali kuburannya kemudian menshalatkannya. Lalu mereka masuk ke dalam kuburannya dan meletakkan jasad Adam disana, kemudian mereka berkata, “wahai anak Adam, inilah sunnah kalian.” [HR Ahmad no. 10734].


Atha Al-Khurasani berkata, “saat adam wafat, semua makhluk menangisi beliau selama tujuh hari.” demikian, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ibn Asakir.


Banyak perbedaan pendapat mengenai tempat dikuburnya Adam, yang masyhur diantaranya adalah :

  1. Adam dikubur di dekat gunung yang ketika itu ia diturunkan dari Surga, yaitu di India.
  2. Adam dikubur di gunung Abu Qubais di Makkah.
  3. Dikatakan, ketika topan melanda, Nuh Alaihissalam membawa jasad Adam dan Hawa di peti Tabut, kemudian menguburkan keduanya di Baitul Maqdis. Inilah yang diriwayatkan oleh Ibnu Jarir.

Ibnu Asakir meriwayatkan, kepala Adam berada di Masjid Ibrahim sementara kakinya berada di batu besar Baitul Maqdis [HR Ibnu Asakir dari perkataan Abdullah bin Abi Farras]. Allahu a’lam.

Sumber; Qashahsul Ambiya & Al-Bidayah wa An-Nihayah, Ibn Kathir

One thought on “Kisah Wafatnya Nabi Adam Versi Ibnu Katsir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *