Kultum Ramadhan (Kurma) Penghalang-Penghalang Rejeki

Oleh Ustadz Zaki Mizanul Azam, al Hafidz

*Penghalang-Penghalang Rejeki*
Allah berfirman,

*الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاءِ ۖ وَاللَّهُ يَعِدُكُمْ مَغْفِرَةً مِنْهُ وَفَضْلًا ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ*

_“Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir) ; sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan daripadaNya dan karunia. Dan Allah Mahaluas (karuniaNya) lagi Maha Mengetahui”_ *[Al-Baqarah/2: 268]*

Ada 99 ayat Al Quran dimana Allah sudah menjamin rejeki hamba-hamba-Nya. Namun hanya ada 1 ayat saja yang menakut-nakuti akan rejeki.

Ada 3 perkara yang menyebabkan rejeki terhalang:
➡️ Melakukan pekerjaan yang Haram
Rejeki yang sudah terjamin akan terhalang disebabkan karena dosa – dosa kita. Misal masih banyak memakan makanan yang haram.

➡️ Bekerja dengan yang halal, akan tetapi ia lalai beribadah kepada Allah.
Terlalu sibuk dengan pekerjaannya sehingga menyebabkan ia meninggalkan perintah-perintah Allah. Misal tidak melaksanakan sholat wajib.

“`beribadah itu dikober-koberke, ojo mung sak kober e“`

➡️ Kita enggan untuk bersedekah
Meskipun menurut logika sedekah mengurangi harta kita, akan tetapi Allah telah menjamin bahwa sedekah tidak mengurangi harta.

“`kita sisihkan harta untuk sedekah, bukan kita sisakan harta untuk bersedekah“`

*مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ*

_“Sedekah tidaklah mengurangi harta.”_ *HR. Muslim no. 2558*

Setiap pagi ada 2 malaikat yang mendokan bagi mereka yang bersedekah dan tidak bersedekah, _”Ya Allah, berikanlah rejeki yang berlipat ganda kepada mereka yang bersedekah”_ dan _”Ya Allah, berikanlah kebangkrutan kepada mereka yang enggan bersedekah”_.

Sabtu, 17 April 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *