Kultum Ramadhan Orang yang Merugi di Bulan Ramadhan

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Di bulan ini Allah memberikan segala nikmat menjadi berlipatganda. Namun ternyata di Bulan Ramadhan ini masih saja ada orang yang merugi. Siapa saja orang yang termasuk golongan orang yang merugi di Bulan Ramadhan. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai golongan orang yang merugi saat Buan Ramadhan. Yuk disimak…

Berikut ini ada orang- orang yang termasuk golongan orang yang merugi di Bulan Ramadhan, diantaranya adalah:

1. Orang yang tidak berpuasa dengan sempurna

Sebagai mana yang dijelaskan dalam surat Al- Baqarah ayat 183 yang berbunyi:

ﻳَﺎ ﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮﺍ ﻛُﺘِﺐَ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢُ ﺍﻟﺼِّﻴَﺎﻡُ ﻛَﻤَﺎ ﻛُﺘِﺐَ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻣِﻦْ ﻗَﺒْﻠِﻜُﻢْ ﻟَﻌَﻠَّﻜُﻢْ ﺗَﺘَّﻘُﻮﻥَ

Terjemah:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,”

Cukup jelas bahwa puasa diwajibkan bagi orang- orang yang beriman. Namun sekarang sering kita jumpai bahwa sebagian orang yang mengaku beriman, berakal sehat, dan sudah baligh malah tidak puasa. Padahal sudah dijelaskan bahwa perintah puasa itu wajib. Selain surah di atas, berpuasa dijelaskan juga di rukun islam. Di mana di rukun islam yang ke- 3 dijelaskan bahwa melaksanakan puasa itu penting. Meskipun kita sudah melakukan rukun islam yang pertama dan kedua, tetapi apabila kita belum melaksanakan puasa maka kita msh belum bisa dikatakan sebagai orang islam.

2. Orang yang berpuasa tetapi hanya mendapatkan lapar dan haus saja

Berbeda dari golongan yang pertama, di golongan yang kedua ini mereka tetap berpuasa. Hanya saja di puasanya tersebut mereka penuhi dengan perbuatan- perbuatan yang cenderung dilarang oleh agama. Sehingga seakan- akan puasa yang mereka lakukan menjadi sia- sia. Dengan begitu maka puasa yang mereka lakukan tidak mendapatkan berkah dan hanya akan mendapatkan lapar dan haus saja.

3. Orang yang tidak menjaga shalatnya

Sholat adalah ibadah terpenting bagi seorang muslim karena sholat merupakan tiang agama. Selain itu, sholat adalah amalan yang pertama kali dihisab oleh Allah di hari kiamat kelak. Namun terkadang di Bulan Ramadhan ini tak jarang orang malah lalai dari shalatnya. Hal itu disebabkan mereka pikir kalau bulan puasa ini dengan tidur saja sudah bisa dihitung ibadah. Karena hal itulah beberapa orang menjadi lebih banyak tidur dan terkadang melewatkan shalat yang seharusnya wajib mereka laksanakan. Apalagi di Bulan Ramadhan ini seharusnya ibadah shalat kita tidak berkurang melainkan bertambah dengan ditambahnya beberapa shalat sunnah. Karena hanya di bulan ini semua amalan dilipatgandakan.

4. Lebih buruk dari tahun sebelumnya

Di setiap Bulan Ramadhan seharusnya kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Tapi tak jarang dari kira malah Ramadhan tahun berikutnya malah lebih buruk dari sebelumnya. Maka sesungguhnya apabila hal itu terjadi maka kita termasuk ke dalam golongan orang yang merugi ketika Bulan Ramadhan. Karena sesungguhnya orang yang beruntung adalah orang yang hari ini lebih baik dari hari kemarin. Oleh karena itu mari kita intropeksi diri semoga Ramadhan kali ini lebih baik dari sebelumnya.

Baiklah cukup sekian dari saya. Apabila ada pernyataan saya yang salah mohon diperbaiki. Billauhi taufik walhidayah…

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *