Puasa Ayyamul Bidh dan Keutamaannya

Di dalam Islam kita mengenal puasa sunnah, puasa sunnah ada puasa pekanan, yaitu puasa senin dan kamis, ada juga puasa bulanan, yaitu puasa Ayyamul Bidh, Apa itu Puasa Ayyamul Bidh?

Pengertian Puasa Ayyamul Bidh

Kata Bidh artinya Putih, sedangkan Ayyamul adalah Hari-hari, jadi puasa Ayyamul Bidh adalah hari-hari putih, di katakan hari-hari putih karena pada malam itu kondisi bulan bersinar putih karena sedang bulan purnama.
Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa yang di lakukan pada pertengahan bulan Hijriyah, kemudian kapankah waktu puasa Ayyamul Bidh?

Waktu Puasa Ayyamul Bidh

Waktu puasa Ayyamul Bidh ada yang berpendapat di lakukan pada tanggal 12, 13, 14 Hijriyah, Ada juga yang berpendapat Puasa Ayyamul Bidh boleh di lakukan pada 10 hari pertama saja (puasa 3 hari), atau 10 hari kedua saja (puasa 3 hari), atau 10 hari terakhir saja (puasa 3 hari), namun boleh juga di lakukan setiap 10 hari puasa 1 kali puasa, atau setiap pekan 1 kali puasa. Pendapat yang paling utama dan paling kuat puasa Ayyamul bidh dilakukan pada tanggal 13, 14, 15 Hijriyah setiap bulannya.

Dalil Puasa Ayyamul Bidh

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

أَوْصَانِى خَلِيلِى بِثَلاَثٍ لاَ أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ صَوْمِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَصَلاَةِ الضُّحَى ، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

Kekasihku (yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: [1] berpuasa tiga hari setiap bulannya, [2] mengerjakan shalat Dhuha, [3] mengerjakan shalat witir sebelum tidur.” HR. Bukhari no. 1178.

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صَوْمُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ صَوْمُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.” HR. Bukhari no. 1979.

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh adalah

  1. menghidupkan sunnah nabi, kemudian
  2. Melakukan puasa tiga hari setiap bulannya seperti melakukan puasa sepanjang tahun karena pahala satu kebaikan adalah sepuluh kebaikan semisal. Berarti puasa tiga hari setiap bulan sama dengan puasa sebanyak tiga puluh hari setiap bulan. Jadi seolah-olah ia berpuasa sepanjang tahun.
  3. Memberi istirahat pada anggota badan setiap bulannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *